AD (728x60)

Total Tayangan

Rabu, 10 Agustus 2016

Dari Fitur Lite sampai Akali Kuota, Youtube Siap jadi Raksasa

Share & Comment


       Indonesia, bagi Youtube, adalah jantung pertumbuhan di Asia. Meski demikian, kualitas jaringan internet di Tanah Air adalah sebuah rintangan. Youtube pun menyiasatinya dengan meluncurkan fitur Lite Mode.

Tanpa menyebutkan figur angka yang rinci, Vice President Product Management Youtube Johanna Wright mengklaim waktu menonton Youtube di Indonesia tumbuh 130 persen secara year on year.

Di sisi lain, Asia Pacific Regional Director of Youtube Ajay Vidyasagar menambahkan pembuat konten dari Indonesia pun bertambah 600 persen secara year on year.
"Asia merupakan salah satu region dengan pertumbuhan Youtube tercepat, dan pertumbuhan Youtube di Indonesia adalah yang tercepat di Asia. Kami bisa mengungkapkan bahwa kami telah melakukan banyak keajaiban di Asia dan Indonesia adalah jantung keajaiban itu," kata Vidyasagar dalam acara 'Google for Indonesia', Selasa (9/8/2016) di Jakarta.

Secara keseluruhan, pengguna internet di Indonesia sendiri, timpal Wright, telah menembus 100 juta orang. "Tapi, dari 100 juta, 40 juta di antaranya masih menggunakan jaringan 2G," lanjutnya.
"Kami juga telah melakukan survey di Indonesia. Yang menyenangkan bagi kami, 95 persen menghabiskan waktunya pada aplikasi seperti instant messaging, game, dan Youtube. Tapi, masukan lain dari mereka adalah bahwa 'Youtube menghabiskan kuota'," papar perempuan yang telah bekerja 11 tahun di Google itu.
Ia lalu menyimpulkan bahwa jika Youtube ingin sukses di negeri ini, harus ada fitur-fitur yang bisa mengatasi hal itu. Apalagi, potensi pengguna internet di Indonesia besar, Google memprediksi jumlahnya bertambah dua kali lipat menjadi sekitar 200 juta orang hanya dalam waktu empat tahun.

"Sebelumnya kami memberikan fitur Youtube Offline. Dengan fitur ini, penonton Youtube bisa menyiasati kuota dengan mengunduh konten saat terkoneksi dengan Wi-fi dan menontonnya secara offline di lain waktu. Dan selanjutnya kami akan meluncurkan 'Lite Mode', nanti, pada tahun ini," beber Wright.

Dengan Lite Mode, data bisa terkompresi hingga 90 persen. "Performa (Youtube) pun akan lebih cepat lima kali lipat (pada jaringan 2G)," tukas Wright.

Tak hanya Youtube yang akan menghadirkan Lite Mode. Google Search di Indonesia pun nantinya dilengkapi fitur ini.

YouTube juga merilis fitur Video Offline 

Di lain sisi, Bersamaan dengan digelarnya acara Google for Indonesia, YouTube turut memperkenalkan fitur baru yang dapat mempercepat dan mempermudah  menonton video.

Salah satu fitur yang kini telah dikenal di Indonesia, yakni pengguna bisa menonton video secara offline dan menyimpannya selama 48 jam tanpa koneksi internet. Fitur ini telah hadir di aplikasi YouTube terbaru dan juga telah tersedia untuk video-video lokal.

Sementara fitur lainnya yakni Accelerator mampu memberikan akses video lebih cepat yang dapat diakses saat terhubung melalui sambungan WiFi di beberapa tempat seperti gerai makan, cafe, dan bahkan sekolah.

Accelerator akan menjaring 100.000 video dari pengisi konten dan YouTube sendiri mengklaim fitur ini akan menjadi akses cepat tanpa adanya buffering.

Selain itu YouTube juga berencana untuk memberikan program edukasi melalui YouTube Kids yang akan segera dirilis di Indonesia. Dengan begitu pengguna akan memiliki pengalaman bukan hanya tentang hiburan namun juga edukasi.

"Melalui video, kita bisa berbagi semangat Indonesia dengan seluruh dunia. Video bukan hanya tentang hiburan. YouTube bisa digunakan untuk menonton hal baru dan mengedukasi anak," kata John Harding, VP Engineering for Emerging Experience YouTube, Selasa (9/8/2016).

Wow tambah keren nih YouTube.. Saluttt pokoknyaaa!!
Tags: , , , , ,

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Traffic

Popular Content

BannerFans.com

Search

Why to Choose RedHood?

Terjemahkan

Copyright © Aridhosayyid SEBUTIR ILMU, SEJUTA MANFAAT | Designed by Templateism.com