AD (728x60)

Total Tayangan

Senin, 13 Juni 2016

Tiga Guru ini Luar Biasa, Teknologi Digital dan Teknik Belajar dikelas Dikolaborasikan

Share & Comment
Guru-guru inspiratif dan inovatif: (dari kiri) Endah Susanti, Guru SMAN 2 Playen Gunung Kidul; Eko Purwanto, Guru SDN Wonokerto Magelang; dan Betty Sekarsih Hadi Yani, Guru SMAN 2 Playen Gunung Kidul. - Betty Sekarsih Hadi Yani, Guru SMAN 2 Playen Gunung Kidul 

        Mungkin baru kali ini guru di Indonesia mengkolaborasikan Teknologi Digital dan Aktivitas Mengajar di sekolah. Dilansir dari situs tribunnews.com (IPTEK) sebuah Babak baru pendidikan Indonesia telah dimulai dengan hadirnya sistem pembelajaran abad 21.
Ini sebuah sistem pembelajaran yang diklaim berfokus pada pengembangan kemampuan murid dalam hal komunikasi, kolaborasi, komputasi, serta pola pikir kritis dan kreatif, yang dapat dicapai dengan dukungan teknologi.
       Sistem ini menjadi tantangan tersendiri bagi para guru yang lahir sebagai digital immigrants untuk memenuhi ketertarikan serta kebutuhan siswa yang mayoritas lahir sebagai digital natives. Data menunjukkan, persentase penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan Indonesia masih di kisaran 20 persen.
 Presentase Penggunaan internet di Indonesia

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh 2 Mei 2016 lalu, Microsoft Indonesia menghadirikan tiga guru inovatif dari wilayah suburban Gunungkidul. Diantaranya adalah  Eko Purwanto, guru SDN Wonokerto Magelang, serta Betty Sekarasih Hadi Yani dan Endah Susanti, guru SMAN 2 Playen Gunung Kidul.
Eko Purwanto sukses menggunakan Skype untuk memberikan materi sejarah Candi Borobudur kepada murid-muridnya. Sementara Bu Guru Betty Sekarasih Hadi Yani dan Endah Susanti berhasil memanfaatkan e-rapport untuk mempermudah proses pemasukkan dan analisa nilai siswa di SMAN 2 Playen Gunung Kidul. Salut dech... walau terlihat mudah tapi kerja kerasnya patut diacungi jempol, mungkin anda bertanya tanya seberapa besar sih pengguna Internet di Indonesia. Niiiiihhhh...
Berikut ini adalah data data pengguna internet Indonesia dari tahun ke tahun bersumber dari APJII dan Survey Wikipedia Indonesia :
Data yang bersumber dari APJII selama kurun waktu 1998-2015 tentang pengguna internet dari tahun ke tahun
Seiring dengan hal itu penggunaan Wikipedia di Indonesia semakin Melonjak Naik
        Sekalipun bukan berasal dari daerah perkotaan, ketiga guru ini berhasil menembus permasalahan infrastruktur untuk menjadi contoh inspiratif bagaimana guru Indonesia dapat memanfaatkan teknologi dalam membangun sistem belajar mengajar yang lebih interaktif. Namun, Baru-baru ini Microsoft menyelenggarakan program Microsoft Innovative Expert Educators (MIEE).
Program ini untuk membantu guru menerapkan sistem pembelajaran abad 21 yang memungkinkan para pengajar terpilih dari seluruh dunia untuk menjadi duta dan berbagi pengetahuan ke sesama pengajar tentang pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar. Benny Kusuma, Education Lead, Microsoft Indonesiamengatakan,  sejak 2012, lebih dari 60 guru di Indonesia telah tergabung dalam MIEE. Ke depannya, Microsoft berharap program ini dapat menjangkau lebih banyak tenaga pengajar agar kualitas tenaga pengajar di Indonesia dapat semakin baik dan berdampak pada pendidikan Indonesia yang lebih berkualitas. semoga dengan adanya guru guru yang mengispirasi ini, akan bermunculan pahlawan pahlawan dari bangku sekolah untuk mengabdi kepada negara dengan perkembangan teknologi yang dapat dimiliki tuk memajukan pendidikan yang berkualitas, dan kreatif tentunya.
Tags: , , , , ,

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Traffic

Popular Content

BannerFans.com

Search

Why to Choose RedHood?

Terjemahkan

Copyright © Aridhosayyid SEBUTIR ILMU, SEJUTA MANFAAT | Designed by Templateism.com