AD (728x60)

Total Tayangan

Jumat, 16 Mei 2014

Efek Merokok

Share & Comment
        Kebiasaan merokok identik dengan hal-hal yang tertera di rokok adalah kanker, penyakit jantung, gangguan kehamilan dan janin. Studi terbaru menunjukkan, kebiasaan buruk ini berpengaruh juga terhadap kesehatan rangka tubuh.


 Hal itu dibuktikan dalam sebuah penelitian yang melibatkan 50 partisipan perokok maupun non perokok, yang mengalami patah tulang kaki. Pada partisipan yang tidak merokok sel-sel penyembuh tulang teramati memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan pada perokok. Sel-sel tersebut lebih aktif membelah, sehingga mempercepat pemulihan kondisi setelah seseorang mengalami patah tulang. Ketika mengalami patah atau retak, tulang para perokok cenderung lebih susah sembuh dibandingkan tulang sehat. “Setelah menumbuhkan dan memanen sel punca dari jaringan tersebut, kami dapat menganalisis bagaimana rokok memberikan dampak merugikan pada pertumbuhan sel punca, sehingga pemulihan tulang tidak normal,” kata peneliti, Andrew Sloan dari University of Lincoln, dikutip dari Healthday. 

Andrew juga mendapati bahwa molekul yang mempengaruhi proses tetentu dalam sel, terpengaruh juga oleh racun-racun yang berasal dari asap rokok. Temuan ini dipresentasikan dalam beberapa konferensi di Eropa. Hingga saat ini, data dan kesimpulan yang didapat masih dianggap sebagai temuan awal hingga dipublikasikan dalam jurnal yang di-review oleh ilmuwan lain. Pada tahap selanjutnya, para ilmuwan akan meneliti apakah efek rokok pada kesembuhan tulang tersebut bisa diperbaiki. Para peneliti juga belum menyimpulkan bahwa kedua hal tersebut memiliki hubungan sebab akibat.


Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Traffic

Popular Content

BannerFans.com

Search

Why to Choose RedHood?

Terjemahkan

Copyright © Aridhosayyid SEBUTIR ILMU, SEJUTA MANFAAT | Designed by Templateism.com