AD (728x60)

Total Tayangan

Selasa, 19 Juli 2016

5 Aktivitas Ini Bikin Tidur Lebih Berkualitas

Share & Comment

       Lima aktivitas untuk tidur berkualitas
BAIK karena sibuk mempersiapkan liburan atau waktu sekolah maupun kantor, kurang tidur bisa berdampak negatif pada otak Anda. Bahkan tanpa membaca penelitian, kita tentu bisa merasakan efek kurang tidur pada kemampuan untuk melakukan tugas sederhana sekalipun.

Jangan sampai kebiasaan ini terus berlangsung, karena penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur kronis tidak hanya meningkatkan risiko serangan jantung, diabetes, depresi dan kecemasan, tetapi juga penyakit kepikunan.

Lalu bagaimana cara untuk mengembalikan waktu tidur yang cukup dan berkualitas? Berikut beberapa tipsnya, seperti dilansir dari Alarabiya, Senin (4/7/2016)

Kurangi Tingkat Stres

Stres kronis bisa memicu kadar kortisol ke tingkat yang berbahaya dan mengganggu tidur kita. Stres menyebabkan kadar kortisol yang tinggi yang pada gilirannya mencegah produksi hormon melatonin, yaitu hormon tidur yang keluar di malam hari.
Olahraga ringan dan meditasi di sore hari telah terbukti membantu menurunkan kadar kortisol. Latihan lebih intensif juga telah dibuktikan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Jika Anda benar-benar perlu berjuang untuk mengatasi stres Anda, cari bantuan dari seorang terapis atau pelatih kehidupan profesional.
Tidak menatap layar satu jam sebelum tidur

Penelitian telah menunjukkan bahwa melihat ponsel, laptop, TV, atau apapun dengan layar yang bisa merangsang aktivitas otak. Cahaya dari layar mengganggu produksi melatonin dan dapat mengurangi kemampuan Anda untuk tidur lebih nyenyak. Untuk itu, jauhkan perangkat elektronik Anda satu jam sebelum tidur.

Tidak minum minuman berkafein setelah pukul 13.00 WIB

Kafein dapat bekerja di tubuh hingga tujum jam. Jadi jika Anda meminumnya pada pukul 5 atau 6 sore, bisa jadi Anda akan kesulitan tidur. Konsumsi minuman atau makanan berkafein (entah itu teh, cokelat panas, dan minuman energi) sampai pada waktu makan siang dan lihat dampaknya pada kualitas tidur Anda.
Redupkan lampu

Lampu alami yang kita gunakan di rumah bisa mengacaukan tidur malam. Meredupkan lampu, menggunakan lampu kecil, mengatur perangkat listrik Anda untuk "shift malam" dapat membantu mengurangi efek ini secara signifikan dan membantu tidur yang lebih baik.

Baca buku

Beberapa orang merasakan membaca sebelum tidur dapat membantu mereka tertidur. Lainnya juga menemukan bahwa jika mereka tidak bisa tidur dalam waktu 15 menit saat sudah di tempat tidur, membaca selama 10 - 30 menit dapat membantu menenangkan pikiran. 
Tags: , , , , , ,

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Traffic

Popular Content

BannerFans.com

Search

Why to Choose RedHood?

Terjemahkan

Copyright © Aridhosayyid SEBUTIR ILMU, SEJUTA MANFAAT | Designed by Templateism.com